Jumat, 21 Mei 2010

Perkembangan SDM Kependidikan

Perkembangan SDM Kependidikan

Tujuan pengembangan SDM Kependidikan adalah untuk memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan dan sasaran dengan standar kinerja yang telah ditetapkan, dapat meningkatkan mutu.

Kompetensi dapat dibagi menjadi beberapa kategori :
a. Threshold competencies ( kemampuan untuk bekerja )
b. Differentiating competencies ( faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja )
c. Kompetensi pedagogik (kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran)
d. Kompetensi Kepribadian (mempunyaikepribadian yang baik)
e. Kompetensi sosial ( guru sebagai bagian dari masyarakat )

Strategi pengembangan melalui belajar :
a. Peningkatan kualifikasi pendidikan 
b. Pensisikan dan pelatihan
c. Kursus (dilakukan oleh produk jasa )
d. In house training
e. Peningkatan budaya membaca
f. Aktif dalam mail list

Strategi pengembangan melalui kepemimpinan :
a. Mengidentifikasi SDM
b. Melakukan pemetaan kapabilitas guru
c. Menganalisa kebutuhan pendidikan dan memberikan pelatihan berbasis
d. Memperhatikan faktor yang saling terkait dalam membangun SDM professional

Dalam perkembangan SDM Kependidikan seorang guru harus:
a. Berpenampilan baik, sopan dan menarik
b. Membuat hati dan perasaan murid menjadi senang dan nyaman, sehingga materi bisa dipahami dengan baik
    Seorang guru ini tidak hanya membuat muridnya merasa senang tapi juga perasaan senang dan bangga  terhadap dirinya sendiri karena berhasil membuat muridnya menjadi lebih memahami pelajaran yang disampaikan, masyarakat pun senang dengan hadir ny lulusan yang lebih berkompeten, orang tua senang melihat anaknya mencapai kesuksesan dalam belajar, kepala sekolah pun demikian senang karena mempunyai SDM guru yang berkualitas.
c. Mewakili perasaan ( adanya kompetensi sosial , memahami apa yang dihadapi dunia pendidikan)
d. Mengharumkan siswa, dirinya dan sekolah maupun lingkungan sekitar. 
    Dalam hal ini , prestasi guru dan siswa dalam berlomba dan berkompetensi
e. Guru harus mengupdate pengetahuannya dalam metode pembelajaran dan lain-lain. jika tidak dikembangkan maka SDM kependidikan tidak akan aktual.
f. Beragam (dalam belajar harus berkaitan dengan ilmu lain )






0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com